Cara Ampuh Mengobati Keputihan Tidak Normal Secara Alami


Cara Ampuh Mengobati Keputihan Tidak Normal Secara Alami


Bagi Anda yang mengalami masalah keputihan tidak normal ( keputihan patologis ), simak informasi berikut Cara Ampuh Mengobati Keputihan Tidak Normal Secara Alami, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna.

Penjelasan Singkat Mengenai Keputihan Tidak Normal ( Keputihan Ptologis )


Keputihan adalah sesuatu hal yang wajar dan normal pada setiap wanita karena keputihan sendiri fungsinya untuk membersihkan dan melindungi vagina dari berbagai infeksi pada daerah vagina. Namun perlu diingat keputihan sendiri ada sifatnya normal dan sifat keputihan tersebut tidak normal, salah satu ciri keputihan normal ialah keputihan berwarna bening atau keputih-putihan, tidak gatal, tidak berbau, tidak perih atau nyeri.

Menurut dr. Yusi Capriyanti salah satu konsultan interactive medical advisor alodokter.com menjelaskan :
Keputihan tidak normal adalah keluarnya cairan dari vagina ( keputihan ) yang berwarna (kuning, pink, kecoklatan, hijau atau putih susu) dan berbau menyengat serta menimbulkan keluhan seperti gatal, nyeri, rasa panas pada vagina/ organ intim dll.
Cairan keputihan yang normal ( tidak ada infeksi ) memiliki ciri-ciri :
  • Tidak berwarna ( bening / sedikit keputih-putihan )
  • Tidak berbau.
  • Tidak menimbulkan keluhan, seperti gatal, nyeri pada vagina, dan sebagainya. ( sumber dari alodokter.com )
Jadi secara intinya keputihan tidak normal ( keputihan abnormal ) ialah keputihan yang tidak memiliki ciri-ciri dari keputihan normal, seperti keputihan berwarna ( seperti coklat, kuning, hijau, putih susu, dsb ), bau menyengat dan disertai dengan berbagai keluhan seperti nyeri, perih, sakit pada organ intim.

Dalam dunia medis istilah keputihan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Fisiologis yaitu keputihan yang bersifat normal, keputihan yang umumnya ditandai dengan sekret atau lendir berwarna bening hingga keputih-putihan, tidak berbau, dan tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina. Keputihan fisiologis ( keputihan normal ) terjadi pada semua wanita baik wanita yang sudah menikah atau belum menikah ( belum pernah melakukan hubungan badan ). Keptuhian fisiologis ( keputihan normal ) yang terjadi pada wanita yang belum menikah biasanya terjadi karena sering memegang alat kelamin, misalnya karena gatal, alergi atau mengunakan celana dalam atau handuk yang terkontaminasi.
    .
  2. Patologis yaitu keputihan yang bersifat tidak normal ( keputihan abnormal ) seperti keputihan yang ditandai adanya perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, keputihan berbau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut. Wanita yang remaja atau belum menikah biasanya jarang terjadi keputihan patologis ( keputihan tidak normal ), jika saja mengalami seperti ini sebaiknya segera periksakan. Wanita yang sudah menikah atau yang sering berhubungan badan apalagi yang sering bergantian pasangan ketika berhubungan badan sangat beresiko sekali terjadi keputihan yang tidak normal atau patologis. Keputihan yang tidak normal umumnya terjadi karena infeksi, kondisi ini juga terkadang dapat menjadi indikasi dari penyakit-penyakit tertentu sehingga sebaiknya diwaspadai.
Keputihan sendiri adalah cara organ reproduksi wanita untuk membersihkan organ reproduksinya terutama area vagina dari sel-sel vagina yang mati dan berbagai infeksi bakteri, jamur, kuman dsb yang bisa diatasi oleh tubuh secara alaminya.

Masalah keluarnya keputihan tidak normal diakibatkan karena infeksi bakteri, kuman hingga virus tidak mampu diatasi secara alaminya oleh tubuh sehingga keputihan tidak normal menimbulkan berbagai keluhan seperti cairan keputihan nya berwarna, bau, gatal dan nyeri pada organ intim.

Penyebab keputihan tidak normal disebabkan oleh berbagai infeksi bakteri, kuman hingga virus antara lain :
  • Vaginosis bakteri
  • Infeksi jamur
  • Bakteri Neisseria gonorrhoeae penyebab gonore
  • Bakteri Trichomonas vaginalis penyebab trikomoniasis
  • Bakteri clamhidya penyebab klamidia
  • dsb.
Apakah keputihan patologis ( keputihan tidak normal ) berbahaya ??

Sudah sangat jelas sekali, keputihan tidak normal penyebab nya adalah berbagai bakteri yg ada di dalam area intim wanita, apalgi jika bakteri tsb adalah bakteri yg menyebabkan penyakit seksual menular seperti kencing nanah / gonore, klamidya, dsb sehingga bisa membahayakan tubuh jika keputihan tidak normal dibiarkan begitu saja.

Oleh karena itu alangkah baiknya segera atasi dan obati keputihan tidak normal karena bisa jadi itu tanda awal dari penyakit kelamin berbahaya salah satu kemungkinannya ialah gonore atau kencing nanah pada wanita dan juga penyakit kelamin berbahaya lainnya.

Cara Ampuh Mengobati Keputihan Tidak Normal Secara Alami


Tapi tidak perlu khawatir menangani masalah keputihan tidak normal ( keputihan patologis ), berikut cara mengobati keputihan tidak normal secara alami, bersumber dari tribunnews.com antara lain :

1# Dengan Sambiloto
Tumbuhan yang berasal dari asia tropika yang memiliki nama latin andrographis paniculata ness mempunyai kandungan laktone, homoandrografolid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral, asam kersik dan damar, kandungan itulah yang dipercaya mampu mengobati keputihan tidak normal secara alami.

Cara Mengobati Keputihan Tidak Normal Menggunakan Sambiloto
  • Ambil tiga batang tanaman sambiloto
  • Rebus bersama empat gelas air
  • Tunggu samapai matang hingga menjadi dua gelas air
  • Kemudian saring dan diminum tiga kali sehari dengan dosis ¾ gelas sekali minum.
2# Dengan Lidah Buaya
Siapa sangka tumbuhan yang berkhasiat untuk bahan penyubur rambut , yang dikenal dengan istilah biologi yaitu aloe vera atau lidah buaya memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E merupakan antioksidan alami. Lidah buaya juga memiliki kandungan antiseptik, antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga mampu mengobati keputihan tidak normal secara alami.

Cara Mengobati Keputihan Tidak Normal Menggunakan Lidah Buaya
  • Ambil bagian dalam daging lidah buaya
  • Potong-potong kecil dan blender
  • Rebus bersama dua gelas air dengan lima lembar daun sambiloto
  • Tunggu hingga hangat
  • Basuh vagina menggunakan rebuasan tsb
  • Lakukan dua kali sehari untuk hasil optimal
3# Dengan Daun Sirih
Daun sirih atau piper betle merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zar samak dan kavikol mempunyai manfaat dalam mematikan kuman, memiliki kandungan antioksidan dan anti jamur, kandungan tersebut mampu mengobati keputihan tidak normal secara alami.

Cara Mengobati Keputihan Tidak Normal Menggunakan Daun Sirih
  • Aambil sepuluh helai daun sirih
  • Rebus dengan dua liter air selama lima menit
  • Tunggu hingga air rebusan hangat
  • Gunakan air rebusan untuk membasuh area vagina secara teratur.
Itulah beberapa ramuan alami yang bisa digunakan untuk mengobati keputihan tidak normal ( keputihan patologis ) secara alami, mungkin bisa Anda coba dan selamat untuk mencobanya.

Cara Ampuh Mengobati Keputihan Tidak Normal Secara Alami