4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami


4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami

Pengobatan keputihan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan pengobatan secara traidional. Pengobatan keputihan secara tradisional disini adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang memang berkhasiat mengobati keputihan. 4 obat keputihan ampuh dan alami yang akan di bahas kali ini adalah beberapa obat keputihan tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya.

Apakah sedang memiliki masalah dengan keputihan tidak normal seperti keputihan gatal-gatal, perih, keputihan yg berwarna dsb, lalu bagaimana cara mengobati, mengatasi, menghilangkan dan menyembuhkan keputihan yg tidak normal itu ?? Mudah-mudahan saja informasi ini berguna bagi Anda yang mengalami keputihan untuk menuntaskan keputihan tersebut.

4 Cara Ampuh Mengobati Keputihan Berlebihan Secara Alami

Apa itu keputihan ?? Keputihan menurut dr. Rony Wijaya salah satu konsultan medical interactive advisor alodokter.com menjelaskan :

Keputihan merupakan reaksi alami tubuh untuk menjaga kebersihan vagina dengan mengeluarkan sisa-sisa sel mati dan bakteri di dalamnya. Keputihan bersifat normal memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 
  • bening atau berwarna keputih-putihan
  • tidak disertai rasa gatal
  • tidak berbau 
  • tidak ada rasa nyeri pada vagina, perut, pinggang, punggung
Jika keputihan tidak mempunyai ciri-ciri di atas, keputihan tersebut termasuk keputihan tidak normal, dapat disebabkan oleh:
  • infeksi jamur
  • vaginosis bakteri
  • gonore
  • trikomoniasis
  • klamidia
  • dsb. ( sumber alodokter.com )

Jadi keputihan adalah cara alami tubuh untuk menjaga dan membersihkan vagina nya dengan mengeluarkan cairan keputihan tersebut dimana di dalam cairan keutihan itu terdapat sisa sel-sel yang mati dan berbagai bakteri.

Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi.

Keputihan secara umum terbagi menjadi 2 jenis keputihan yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal :
  1. Keputihan normal, ciri-ciri nya : bening / berwarna keputih-putihan, tidak disertai rasa gata, tidak bau, dan tidak ada rasa nyeri pada vagina, perut dsb. Sedangkan-
  2. Keputihan tidka normal, ciri -ciri nya : kebalikan dari keputihan normal, seperti keputihan berwarna ( coklat, hijau, kuning dsb ), disertai rasa gatal, berbau dan disertai rasa nyeri.
Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Kartiwa Hadi Nuryanto SpOG(K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta menjelaskan, dalam dunia kedokteran, keputihan merupakan salah satu hal wajar. Selama keputihan tidak berwarna, tidak berbau dan tidak gatal, keputihan tersebut normal.

Keputihan normal tidak berbahaya, normal-normal saja dan tidak perlu mengkhawatirkan jika mengalami keputihan dengan ciri-ciri yang dijelaskan tadi, tetapi jika mengalami keputihan tidak normal maka harus segera diatasi.

Lalu apakah keputihan tidak normal berbahaya ??

Seperti yg sudah dijelaskan oleh dr. Roni Wijaya tadi bahwa keptuihan tidak normal adalah akibat dari adanya infeksi jamur, kuman, bakteri bahkan virus yang ada di sekitar vagina dan bisa saja menjadi tanda dari penyakit seksual berbahaya seperti gonore ( kencing nanah ), klamidia, dsb. Dengan demikian jelas keputihan tidak normal sangat berbahaya jika dibiarkan dan tanpa pengobatan, apalagi jika keputihan tsb berkepanjangan dan berlebihan.

Maka dari itu jika mengalami keputihan tidak normal jangan biarkan dan segera obati sebelum menjadi lebih parah, dan menjadi penyakit seksual berbahaya .. !!

Naah, untuk menangani keputihan bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti langkah-langkah berikut ini :

  • Kompres dingin untuk meredakan gatal dan pembengkakan pada daerah vagina akibat dari keputihan
  • Konsumsi yoghurt untuk menurunkan risiko terkena infeksi jamur.
  • Gunakan krim atau gel antijamur jika memang keputihan disebabkan infeksi jamur.
  • Gunakan kondom atau tunda hubungan seksual hingga sepekan jika sedang mengalami keputihan.
  • Bila keputihan berlangsung lebih dari seminggu sangat perlu dilakukan pemeriksaan secara medis.

Bagi yg sedang mengalami keputihan tidak normal, tidak perlu khawatir jika memang sedang mengalami keputihan tidak normal, berikut 4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami tersebut antara lain seperti :

4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami


Obat Keputihan 1 : Daun sirih
4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami
Daun sirih memiliki kandungan antibakteri, antiseptik dan zat eugenol serta mampu untuk menghilangkan bau tidak sedap, baik itu masalah bau badan atau bau tidak sedap akibat keputihan.

Cara membuat daun sirih menjadi obat keputihan alami :
  • Sediakan beberapa lembar daun sirih
  • Rebus beberapa lembar daun sirih tersebut sampai matang
  • Diamkan beberapa jam hingga air rebusan tersebut dingin,
  • Lalu basuhkan ke area miss V menggunakan air rebusan tersebut
  • Lakukan dua kali sehari.

Obat Keputihan 2 : Daun Sambiloto
4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami
Sambiloto memiliki nama latin andrographis paniculata ness mempunyai kandungan laktone, homoandrografolid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral, asam kersik dan damar. Beberapa kandungan tersebut dipercaya bisa digunakan sebagai obat keputihan.

Cara membuat daun sambiloto menjadi obat keputihan alami :
  • Sediakan daun sambiloto secukupnya
  • Rebus bersama empat gelas air
  • Tiriskan lalu saring hingga menjadi dua gelas
  • Minum tiga kali sehari dosisnya ¾ gelas sekali minum.

Obat Keputihan 3 : Lidah Buaya
4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami
Lidah buaya memiliki banyak kandungan yang sangat berguna diantaranya dapat digunakan sebagfai obat keputihan alami untuk mengobati kaputihan karena memiliki kandungan antiseptik alami, antijamur, antibakteri dan antivirus.

Cara membuat lidah buaya menjadi obat keputihan alami :
  • Sediakan lidah buaya secukupnya dan lima lembar daun sambiloto
  • Ambil bagian dalam daging lidah buaya kemudian potong-potong lalu blender
  • Rebus bersama dua gelas air dengan lima lembar daun sambiloto
  • Tunggu hingga hangat / matang
  • Lalu basuhkan ramuan tersebut pada vagina
  • Lakukan dua kali sehari.

Obat Keputihan 4 : Akar Mawar
4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami
Tanaman mawar mempunyai manfaat beragam mulai dari bunganya yang bisa dipakai sebagai masker wajah sampai akarnya untuk mengobati keputihan. Untuk mengoah akar mawar menjadi obat keputihan pun cukup mudah cukup merebusnya yang kemudian bisa di minum.

Cara membuat akar mawar menjadi obat keputihan alami :
  • Ambil akar tanaman mawar yang masih segar
  • Kemudian cuci dengan bersih
  • Rebus akar mawar sampai matang
  • Tiriskan dan saring
  • Lalu basuhkan ramuan tersebut pada vagina
  • Lalu minum secara teratur sebagai obat tradisional penyakit keputihan.


Itulah 4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami yang bisa Anda coba ramu. Sebenarnya masih ada banyak lagi bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati keputihan. Beberapa bahan alami lainnya yang berkhasiat mengobati keputihan antara lain seperti :

4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami
Daun kemangi
Daun kemangi sering dipakai sebagai lalapan segar. Ternyata, daun kemangi bisa mengatasi keputihan secara alami. Kandungan senyawa anetol dan boron berfungsi merangsang hormon esterogen. Sedangkan senyawa eugenol pada daun kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmaasterol akan membantu mematangkan sel telur (ovulasi) dan zat seng akan mengurangi sekresi cairan pada daerah kewanitaan.

4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami
Kunyit
Kunyit pun bisa digunakan menjadi obat keputihan tradisional karena memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri alami dalam kunyit sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan secara alami. Cara meramunya pun cukup mudah, sediakan saja 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, dan 1 potong gula aren. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring dan jadilah obat keputihan tradisional dari kunyit. Sebagai pengobatan keputihan minum secara teratur 1 gelas sehari.

4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami
Bawang putih
Sudah sejak lama orang tahu bahwa bawang putih punya banyak khasiatnya. Salah satunya untuk mengatasi keputihan yang tidak normal. Hanya membutuhkan satu siung bawang putih. Kupas dan bersihkan. Potonglah menjadi dua bagian. Ketika hendak tidur di malam hari, letakkan potongan bawang putih tersebut di atas vagina. Ingat, jangan masukkan ke dalamnya. Diamkan sampai pagi hari.

Akar bayam
Akar bayam ini berfungsi sebagai anti bakteri dan sebagai obat untuk menyembuhkan infeksi di dalam vagina. Cara penggunaannya juga tidak sulit, cukup dijadikan jus dan diminum dua kali sehari.

Nahh, demikian beberapa bahan-bahan alami lainnya yang berkhasiat juga mengobati keputihan secara alami dan tradisional. Pengobatan keputihan bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara tradisional, tetapi tentu alangkah baiknya jika mengalami keputihan yang tidak normal dan sekiranya cukup parah dan mengkhawatirkan sesegra mungkin untuk diperiksakan ke dokter terdekat.

Saran : Lebih baik segera periksakan ke dokter terdekat agar mendapat penangan yang lebih tepat dan jika keputihan tersebut justru menjadi parah alangkah baiknya secepat diperiksakan.


4 Obat Keputihan Ampuh dan Alami